Kenapa panahan


Kenapa Panahan?


Bismillahirrahmaanirrahiim
belajar-panahan-magelang
teman -teman muslimku semoga anda semua dalam keadaan sehat dan tetap semangat dalam  mengamalkan sunnah yaa…… terkhusus di bahasan kita ini yaitu serba serbi olahraga panahan, semuanya pasti tahu doong panahan itu apa?? Salah satu permainan, salah satu cabang olahraga, salah satu seni bermain alat perang? hmmmmm….banyak deeh kalau mau di jabarkan.
kita ulas sedikit yuukk…..
tikslas
Panahan adalah olahraga yang mengajarkan sebuah prinsip bahwa keberhasilan seorang harus didahului oleh upaya dan usaha. Namun, tidak hanya itu.
Olahraga ini juga mengajarkan proses untuk mencapai apa yang diidamkan. Proses tersebut berawal dari niat.
Hal ini sesuai dengan prinsip Islam. Dalam berusaha, seorang mengawalinya dengan melaksanakan niat karena Allah Ta’ala. Dalam hal ini seorang pemanah menyiapkan mentalnya dalam melakukan olahraga ini.
Langkah selanjutnya, seorang haruslah membekali dirinya dengan ilmu dan persiapan teknis. Seorang pemanah harus memahami bagaimana gerakan tubuhnya dan fungsi alat panahan dalam membantunya mencapai target.
Setelah bekalnya cukup, maka seorang melaksanakan proses sampai akhir. Pemanah kini dapat melakukan urutan proses mulai dari memilih anak panah yang tepat, penarikan tali busur, membidik, melesatkan anak panah dan mengakhirinya dengan sikap badan sempurna (follow through).
Upaya yang telah dilakukannya dilanjutkan dengan bertawakal. Lalu, ia bersyukur kepada Sang Pengatur alam atas semua hasil yang didapatkannya. Pemanah menerima hasil kerjanya, baik mencapai angka tertinggi yakni 10 atau meleset dan mendapat angka terkecil yakni, 0 (nol).
Panahan adalah olahraga yang dapat dilaksanakan oleh mereka dalam rentang usia 8 hingga seorang tidak kuat lagi menarik busur panahan.
Maka dari itu panahan adalah olahraga yang sangat inklusif. Dan, bagi banyak orang panahan adalah olahraga seumur hidup.
Panahan sangat aman. Karena pemanah harus mengikuti urutan kerja untuk dirinya dan aturan di lapangan tembak.
Panahan mempunyai variasi kegiatan. Seorang pemanah dapat berlomba sejak tingkat intra sekolah hingga ke tingkat dunia.
Demikianlah sedikit ulasan tentang panahan semoga bisa difahami dan di jadikan referensi sebagai pembelajaran.

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post